Kegiatan yang Perlu Kamu Hindari Setelah Makan




Makan merupakan aktivitas penting guna menunjang rutinitas keseharian. Gaya hidup sehat, bisa dimulai dari pemilihan makanan yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin.  Namun hal tersebut tidak efektif jika seseorang tidak menerapkan pola hidup sehat selepas makan.

Sadar ataupun tidak, padatnya kesibukan ternyata membuat kebanyakan orang kerap menganggap remeh dan terbiasa dengan kegiatan-kegiatan, seperti minum teh lalu bergegas meninggalkan tempat tepat setelah selesai makan. Nah, kali ini Mbak Cupid akan membahas satu per satu, apa saja kegiatan yang sebaiknya dihindari seusai makan?


1. Minum. 

Berlaku untuk minum air putih maupun minuman perasa lainnya, seperti teh manis. Pasalnya, minum selepas makan dapat mengganggu proses pencernaan. Air liur yang dihasilkan, mampu membunuh bakteri jahat pada makanan dan melancarkan pencernaan makanan. Disamping itu, minum teh setelah makan juga berbahaya bagi tubuh. Dalam minuman teh, terdapat asam tannic dan polifenol yang mampu menghambat penyerapan kandungan protein serta zat besi dalam makanan.

Menurut penilitian dari The Journal of Nutritional Biochemistry, asam tannin dan polifenol mengikat zat besi beserta protein di dalam usus. Alhasil, pencernaan menjadi terganggu dan kehilangan nutrisi penting bagi tubuh.

Jika ingin minum setelah makan, alangkah baiknya memberikan jeda waktu 30 menit hingga 1 jam. Apabila saat menelan, terasa tidak nyaman dan membutuhkan minum, sebaiknya meneguk sedikit air hanya untuk melegakan tenggorokan. 

2. Makan Buah

Mengkonsumsi buah selepas makan merupakan kebiasaan salah, namun banyak orang yang melakukannya. Waktu paling tepat untuk makan buah, yaitu ketika perut sedang dalam keadaan tidak terisi atau kosong. Enzim tertentu diperlukan guna mencerna buah-buahan. Dampak negatif lainnya, nutrisi pada buah menjadi tidak terserap dengan baik.

Meskipun demikian, tidak semua jenis buah bisa dikonsumsi saat perut kosong, semisal rambutan dan durian. Memakan buah rambutan setelah makan, bisa menyebabkan diare. Sementara menikmati durian dalam keadaan perut kosong, dapat memicu asam lambung. Setidaknya dibutuhkan selisih waktu kurang lebih 1 jam, jika hendak memakan buah setelah makan. 

3. Meregangkan Ikat Pinggang

Dilansir dari laman boldsky.com, meregangkan ikat pinggang seusai makan berat dapat memicu kanker liver sebesar 38 persen pada pria dan 25 persen pada wanita. Di satu sisi, aktivitas ini bisa menghambat sistem pencernaan. 

4. Merokok

Banyak studi menunjukkan bahwa aktivitas merokok tidak baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan zat dalam satu batang rokok dapat memicu berbagai macam penyakit. Menghisap sebatang rokok setelah makan, akan meningkatkan efek negatif 10 kali lipat lebih berbahaya. 

5. Olahraga 

Bergerak atau melakukan aktivitas olahraga berat seusai makan, dapat menyebabkan kram di bagian perut. Saat proses pencernaan sedang berlangsung, alirah darah terpusat pada organ yang mencerna makanan. Di satu sisi, aliran darah akan menyebar ke bagian otot-otot tubuh lainnya ketika melakukan olahraga. Hal ini menimbulkan rasa sesak di bagian perut. 

6. Membaca

Kegiatan membaca membutuhkan konsentrasi penuh, supaya keseluruhan informasi dapat terserap dengan baik. Membaca setelah makan, bisa memicu perut kembung dan konsentrasi mudah terganggu. 

7. Tidur

Perasaan mengantuk setelah menyantap makanan seringkali dialami oleh kebanyakan orang. Efek tersebut masih dianggap wajar dan tidak perlu dipermasalahkan. Rasa kantuk tersebut terjadi akibat dari konsumsi makanan yang mengandung kalori dan karbohidrat tinggi. Walau mengantuk, tidur selepas makan tidak dianjurkan, karena berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, diantaranya nyeri ulu hati, berat badan naik, dan stroke. 

Tidur setelah makan juga bisa mengurangi kualitas tidur serta memicu perut kembung. 

Demikianlah kegiatan yang perlu kamu hindari setelah makan. Beberapa aktivitas di atas, tampaknya sering dilakukan orang pada umumnya, namun tidak banyak yang tahu dampak yang dialami saat melakukannya. Semoga artikel dari Mbak Cupid ini bisa bermanfaat. Selamat menerapkan pola hidup sehat ya

Post a Comment

0 Comments